Tenaga Honorer Wajib Baca, Ketua KPK: Tidak Ada Pengangkatan CPNS 2017 Tanpa Tes

Share:

CPNS Honorer 2017-2018 | Tenaga Honorer Wajib Baca, Ketua KPK: Tidak Ada Pengangkatan CPNS 2017 Tanpa Tes || Perubahan peraturan sebelumnya tentang manajemen ASN ternyata tak kunjung membuat tenaga honorer diangkat secara otomatis menjadi CPNS 2017, apa penyebabnya? Simak info lengkapnya dibawah ini.

cpns honorer 2017

Baru-baru ini ada keputusan yang kesimpulannya adalah tidak ada pengangkatan CPNS baru melalui tenaga honorer tanpa tes. Dan kesimpulan itu dibuat oleh Ketua KPK Agus Rahardjo pasca temu dengan Menteri PAN-RB Asman Abnur dengan bahasan seputar tes CPNS 2017 yang proses pertemuannya dilakukan secara tertutup selama tiga jam di kantor Kementerian PAN-RB kemarin (31/3).

Alasan kuat keputusan ini adalah penilaian kinerja honorer oleh Ketua KPK yang beranggapan bahwa gerakan reformasi birokrasi (RB) setidaknya telah berlangsung selama 10 tahun namun belum tampak perubahan kinerja birokrasi yang signifikan. Dicontohkan juga oleh beliau yakni pegawai pajak dengan remunasi besar selama ini tidak cukup membuat cara kerjanya naik signifikan dan beberapa temuan juga masih saja ada oknum PNS pajak yang tertangkap korupsi.

’’Seharusnya pemberian remunerasi karena reformasi birokrasi, diikuti dengan peningkatan kinerja dan perubahan kultur birokrat,’’ jelasnya Agus.

Dan Ketua KPK juga berpendapat bahwa untuk dapat meningkatkan kinerja secara signifikan salah satu bagian pentingnya yang juga jadi program reformasi birokrasi adalah merekrut aparatur sipil negara (ASN) yang kompeten.

Caranya adalah dengan ketatnya seleksi dan sesuai dengan bidang yang dibutuhkan dengan proses pengangkatan yang harus teruji dan terjaga. ’’KPK merekomendasikan tidak ada pengangkatan otomatis tenaga honorer menjadi CPNS,’’ tegasnya. cek Formasi CPNS 2017 menurut Menpan Asman.

Dan kabar buruknya bagi sobat tenaga honorer yang begitu menantikan pengangkatan menjadi CPNS 2017 bahwa Menpan Asman menerima rekomendasi mengenai tidak ada rekrutmen otomatis tenaga honorer tanpa tes, hal ini juga salah satu cara yang ditempuh untuk menjaga pelayanan bagi CPNS baru nantinya.

Katakanlah sebagai contoh CPNS Guru yang kualitasnya tidak memenuhi standar, Ketua KPK pun menyatakan bahwa tentu masyarakat tidak akan rela anaknya diajar oleh PNS guru yang kualitasnya tidak jelas.

Tidak hanya di tenaga guru, lainnya misal di kesehatan, pastinya masyarakat tidak akan nyaman jika sakit kemudian dirawat perawat yang kualitasnya meragukan.

Polemik Tenaga Honorer Memang selalu Pelik

Peliknya proses penyelesaian tenaga honorer ini pun juga turut diakui oleh Ketua KPK karena jumlah yang minta diangkat tidak main-main yakni ratusan ribu orang yang pada akhirnya semua minta diangkat menjadi CPNS baru.

Dasar alasan yang dijadikan andalan pun adalah waktu pengabdian yang begitu lama juga kerjanya yang lebih berat dibandingkan oleh PNS di lapangan, untuk itu pemerintah selalu berusaha mencari solusi terbaik untuk masalah ini. Salah satu yang ditempuh adalah dengan tidak mengangkat lagi tenaga honorer.

“Supaya tidak ada lagi masalah dengan honorer, instansi pemerintah jangan mengangkat honorer,’’ tegasnya.

Pengangkatan juga hendaklah harus didasarkan atas asas kebutuhan karenanya perlu penghitungan dan penataan ulang postur (size) birokrasi di seluruh pelosok negeri. Melihat realnya di lapangan, Apakah benar-benar kurang, sehingga sampai ada rekrutmen tenaga honorer.

Saran lainnya yang diberikan oleh ketua KPK adalah dengan promosi jabatan di instansi pusat maupun daerah untuk pemerataan dan juga pemenuhan kebutuhan pegawai bagi instansi yang mengalami kekurangan pegawai dan prosesnya juga harus dilakukan dengan seleksi terbuka, untuk eselon I dan II. Usulan lainnya agar pemenuhan kebutuhan di tingkat eselon III dan IV juga menggunakan lelang terbuka.

Praktik ini tentu akan mendukung kerja KPK yang terus gencar memberantas korupsi dikarenakan adanya potensi pengisian jabatan yang beraroma suap atau jual beli kursi. Seperti yang saat ini sedang diusut KPK masalah pengisian jabatan di Kabupaten Klaten.

Dilain pihak Menpan Asman Abnur menyatakan siap menjalankan keputusan bersama antara kementerian yang dia pimpin dengan KPK terkait dengan tidak adanya pengangkatan tenaga honorer tanpa tes dan juga mengenai pengisian jabatan, Asman mengatakan untuk instansi pusat relatif sudah berjalan dengan baik.

’’Yang perlu diawasi dengan seksama adalah pengisian jabatan di pemerintah daerah. Ini masih jadi tantangan karena ditemukan penyimpangan,’’ jelasnya.

Untuk mengawasi pengisian jabatan di instansi daerah, Asman mengatakan tidak bisa dilakukan sendirian oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Untuk memperkuat pengawasan, Asman mengatakan sudah membentuk paguyuban atau tim bersama. Terdiri dari KASN, Kementarian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Lihat juga : Harapan Tenaga Honorer.

Tenaga Honorer Wajib Baca, Ketua KPK: Tidak Ada Pengangkatan CPNS 2017 Tanpa Tes | admin | 4.5

Berita Lainnya